Jumat, 25 September 2015

Makalah BK

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Situasi globalisasi sekarang ini membawa dampak dalam berbagai aspek kehidupan, tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Beberapa problem terjadi dalam tubuh pendidikan di Indonesia akibat derasnya arus globalisasi ini. Sehingga untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, perlu dipersiapkan sumber daya manusia yang bermutu,  yakni manusia yang sehat jasmani rohani, bermoral, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi secara professional dan kreatif.
Pendukung utama bagi tercapainya penciptaan sumber daya manusia yang bermutu adalah pendidikan yang bermutu pula. Di mana pendidikan yang bermutu  tidak cukup hanya dilalui dengan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi saja, melainkan juga harus didukung dengan profesionalisasi guru, sistem managemen pendidikan serta peserta didik yang mandiri dalam mengambil keputusan demi pencapaian cita-citanya. Untuk mencapai cita-cita ini seorang peserta didik harus memiliki dan pengembangkan kemampuan akademis, kepribadian, sosial dan sistem nilai. Sedangkan untuk mengembangkan kemampuan-kemampuan tersebut diperlukan adanya kerjasama yang harmonis antara peserta didik, pengelola pendidikan dan pengajaran juga bimbingan konseling, karena ketiga komponen ini memiliki andil yang sama besar dalam pencapaian tujuan pendidikan.
Oleh sebab itu, dengan mengacu pada salah satu komponen yang berpengaruh terhadap tercapainya tujuan pendidikan yaitu komponen bimbingan dan konseling, pada kesempatan ini penulis sangat tertarik untuk  meneliti dan membahas tentang berbagai aspek yang terdapat dalam BK yang meliputi layanan program, fasilitas, struktur organisasi BK di SMPN 2 Kediri serta pengaplikasian asas dan prinsip BK di program BK SMPN 2 Kediri.



B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang di atas dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
1.      Apa saja layanan BK yang dilaksanakan di SMPN 2 Kediri ?
2.      Apa saja sarana dan fasilitas BK di SMPN 2 Kediri ?
3.      Bagaimana struktur organisasi program BK di SMPN 2 Kediri ?
4.      Sejauh mana asas BK diterapkan di BK SMPN 2 Kediri ?
5.      Prinsip bimbingan konseling apa saja yang sudah diterapkan di BK SMPN 2 Kediri ?

C.    Tujuan
1.      Untuk mengetahui layanan BK yang dilaksanakan di SMPN 2 Kediri.
2.      Untuk mengetahui sarana dan fasilitas yang dimanfaatkan untuk memperlancar program BK di SMPN 2 Kediri.
3.      Untuk mengetahui stuktur BK SMPN 2 Kediri.
4.      Untuk mengetahui sejauh mana asas-asas BK yang telah di terapkan dalam program BK SMPN 2 Kediri.
5.      Untuk mengetahui prinsip-prinsip BK apa saja yang telah diterapkan dalam program BK SMPN 2 Kediri.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar