BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Situasi globalisasi sekarang ini membawa dampak dalam berbagai
aspek kehidupan, tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Beberapa problem
terjadi dalam tubuh pendidikan di Indonesia akibat derasnya arus globalisasi
ini. Sehingga untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, perlu dipersiapkan
sumber daya manusia yang bermutu, yakni manusia yang sehat jasmani rohani,
bermoral, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi secara professional dan
kreatif.
Pendukung utama bagi tercapainya penciptaan sumber daya manusia
yang bermutu adalah pendidikan yang bermutu pula. Di mana pendidikan yang
bermutu tidak cukup hanya dilalui dengan menguasai ilmu pengetahuan dan
teknologi saja, melainkan juga harus didukung dengan profesionalisasi guru,
sistem managemen pendidikan serta peserta didik yang mandiri dalam mengambil
keputusan demi pencapaian cita-citanya. Untuk mencapai cita-cita ini seorang
peserta didik harus memiliki dan pengembangkan kemampuan akademis, kepribadian,
sosial
dan sistem nilai. Sedangkan untuk mengembangkan kemampuan-kemampuan tersebut
diperlukan adanya kerjasama yang harmonis antara peserta didik, pengelola
pendidikan dan pengajaran juga bimbingan konseling,
karena ketiga komponen ini memiliki andil yang sama besar dalam pencapaian
tujuan pendidikan.
Oleh sebab itu, dengan mengacu pada salah satu komponen yang
berpengaruh terhadap tercapainya tujuan pendidikan yaitu komponen bimbingan dan konseling, pada kesempatan ini penulis sangat tertarik untuk meneliti dan membahas tentang berbagai aspek
yang terdapat dalam BK yang meliputi layanan program,
fasilitas,
struktur organisasi BK di SMPN 2 Kediri serta pengaplikasian asas dan prinsip
BK di program BK SMPN 2 Kediri.
B.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang di atas dapat dirumuskan
permasalahan sebagai berikut :
1.
Apa
saja layanan BK yang dilaksanakan di SMPN 2 Kediri ?
2.
Apa
saja sarana dan fasilitas BK di SMPN 2 Kediri ?
3.
Bagaimana
struktur organisasi program BK di SMPN 2 Kediri ?
4.
Sejauh
mana asas BK diterapkan di BK SMPN 2 Kediri ?
5.
Prinsip
bimbingan konseling apa saja yang sudah diterapkan di BK SMPN 2 Kediri ?
C.
Tujuan
1.
Untuk
mengetahui layanan BK yang dilaksanakan di SMPN 2 Kediri.
2.
Untuk
mengetahui sarana dan fasilitas yang dimanfaatkan untuk memperlancar program BK
di SMPN 2 Kediri.
3.
Untuk
mengetahui stuktur BK SMPN 2 Kediri.
4.
Untuk
mengetahui sejauh mana asas-asas BK yang telah di terapkan dalam program BK
SMPN 2 Kediri.
5.
Untuk
mengetahui prinsip-prinsip BK apa saja yang telah diterapkan dalam program BK
SMPN 2 Kediri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar