METODE PENELITIAN
A. Pendekatan Penelitian
Ada dua macam pendekatan dalam penelitian yaitu pendekatan kuantitatif
dimana peneliti akan bekerja dengan angka-angka sebagai perwujudan gejala yang
diamati, dan pendekatan
kualitatif dimana peneliti akan bekerja dengan informasi-informasi data dan di
dalam menganalisanya tidak menggunakan analisa data statistik. Pendekatan dalam
penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan
menyelidiki bagaimana perkembangan dan pelaksanaan BK di lingkungan tersebut.
B. Tempat dan Waktu
Penelitian
1.
Tempat
Penelitian ini
dilakukan di SMP Negeri 2 Kediri
2.
Waktu
Penelitian ini
dilakukan pada tanggal 07 Mei 2012, pada pukul 8.00-hingga selesai.
3.
Responden
Ibu Dra.Wilujeng Tri R. Dan Bapak Irwan sebagai guru BK di
SMP Negeri 2 Kediri.
C. Kehadiran
Peneliti
Peneliti berperan sebagai pewawancara yang akan
mewawancarai salah satu guru Bimbingan Konseling. Selama penelitian ini dilakukan, peneliti bertindak sebagai observer, pengumpulan data, penganalisis data dan akhirnya pelapor hasil penelitian. Dalam penelitian ini, kedudukan peneliti adalah perencana, pelaksana, penilai, pengumpulan data, penganalisis data dan akhirnya pelapor hasil penelitian.
D.
TEKNIK
PENGUMPULAN DATA
1. Wawancara
Teknik pengumpulan data dari kelompok kami adalah menggunakan metode
wawancara terstruktur. Wawancara
adalah suatu percakapan langsung dengan tujuan-tujuan tertentu dengan
menggunakan format tanya jawab yang terencana. Sedangkan wawancara terstruktur
adalah wawancara dimana peneliti ketika melaksanakan tatap muka dengan
responden menggunakan pedoman wawancara yang telah disiapkan terlebih dahulu.
Penggunaan pedoman ini dapat menekankan pada hasil informasi
yang telah direncanakan dalam wawancara. Dan wawancara juga dapat mengembangkan hubungan mereka
dengan klien, mengobservasi tempat kerja, serta untuk
mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan kelengkapan
informasi.
Dalam wawancara kami menggunakan pertanyaan terbuka (opened Question). Pertanyaan terbuka menggambarkan pilihan bagi orang yang
diwawancarai untuk merespons. Mereka terbuka dan bebas merespons. Respons
dapat berupa dua kata atau dua paragraf.
Contoh pertanyaan terbuka yang kita gunakan adalah :
·
Bagaimana
perkembangan BK di SMPN 2 Kediri ?
·
Apa
tujuan terpenting BK dalam sekolah ini menurut Anda ?
·
Bagaimana
proses BK dalam menangani masalah-masalah
Siswannya ?
Sedangkan
struktur pertanyaannya adalah menggunakan Struktur Corong yaitu
memulai wawancara dengan pertanyaan-pertanyaan umum dan terbuka, lalu membatasi
respons dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaanyang lebih mendetail dan
tertutup.
2.
Dokumentasi
Pada teknik ini, peneliti memperoleh informasi dari bermacam-macam
sumber tulisan dan dokumen yang ada pada responden atau tempat, dimana
responden bertempat tinggal atau melakukan kegiatan sehari-harinya. Sumber
dokumen pada umumnya dibedakan menjadi dua macam yaitu dokumentasi resmi
termasuk surat keputusan, surat instruksi, dan surat bukti kegiatan yang
dikeluarkan oleh kantor atau organisasi yang bersangkutan dan sumber
dokumentasi tidak resmi yang mungkin berupa surat nota, surat pribadi yang
memberikan informasi kuat terhadap kejadian.[1]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar